Rabu, 08 Februari 2012

NIKMAT JADI LAKNAT ( ISTIDRAAJ)

Nikmat bisa menjadi laknat, inilah yang disebut istidraaj yaitu pemberian ALLAH SWT. Kepada orang yang sering melakukan maksiat.
Semakin mereka melupakan ALLAH, ALLAH akan tetap menambah kesenangn kepada mereka. Akibatnya mereka semakin terjerumus dan ALLAH akan menjatuhkan siksa yang sangat pedih.
Ada tiga golongan yang potensi ditimpa istidraaj,  
     Pertama, orang-orang yang diberi nikmat kekuasaan, lalu ia menjadi sombong dan sewenang-wenang terhadap rakyatnya, maka ALLAH memperpanjang masa kekuasaannya sehingga ia semakin terjerumus dalam kesombongan dan kesewenang-wenangan tersebut.
     Kedua, orang-orang yang diberi nikmat ilmu. Baik ilmu dunia maupun ilmu agama. Bagi yang diberi nikmat ilmu dunia, pertanda istidraaj adalah ketika ilmu mereka banyak menimbulkan kerusakan, bukan membangun. Ilmunya menjadi mudarat bukan manfaat. Sedangkan yang diberi kenikmatan ilmu agama, istidraaj bisa berawal dari popularitas. Ketika mereka terbuai oleh popularitas, ALLAH menjatuhkan mereka dengan cara tidak pernah terbayangkan sebelumnya.
     Ketiga, orang-orang yang diberi nikmat harta, ALLAH menimpakan istidraaj kepada orang-orang yang membalas nikmat ALLAH dengan kemaksiatan, sekalipun ALLAH terus mengucurkan nikmat duniawi kepada mereka.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar